Kamis, 23 April 2020

PERSYARATAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) YANG DITERIMA OLEH TIM PENILAI



    



Laporan PenelitianTindakan Kelas (PTK) bisa diterima apabila sudah memenuhi kriteria “APIK”.

APIK merupakan singkatan dari ASLI, PERLU, ILMIAH, DAN KONSISTEN.

A artinya Asli.
Penelitian merupakan karya asli bukan hasil jiplakan atau plagiat. untuk itu dalam laporan PTK sangat penting untuk melampirkan selengkap mungkin bukti pelaksanaan penelitiannya.

P artinya Perlu.
Hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan. Laporan kegiatan PKB yang tidak Perlu antara lain ditandai oleh: (1) masalah yang dikaji terlalu luas, dan (2) tidak langsung berhubungan dengan permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi dari guru yang bersangkutan.

I artinya Ilmiah.
Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan.

K artinya Konsisten.
Isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan memasalahkan tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah/madrasahnya.

Laporan Penelitian Tindakan Kelas harus APIK karena kemungkinan adanya laporan kegiatan yang tampaknya bermanfaat, tetapi diragukan keasliannya. Laporan penelitian yang tidak asli, sangat bertentangan dengan tujuan diadakannya kegiatan pengembangan keprofesian guru. Oleh karena itu keaslian adalah hal pertama hal menjadi fokus penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar